[Tips - Work Smarter, Not Harder] Kebiasaan Yang Perlu Dihindari Agar Kerja Lebih Produktif

[Tips - Work Smarter, Not Harder] Kebiasaan Yang Perlu Dihindari Agar Kerja Lebih Produktif

Berbagai kebiasaan yang dilakukan oleh para pekerja kantoran seringkali tidak beriringan dengan produktivitas kerja. Bahkan, tidak jarang kita sebagai pekerja merasakan bahwa dalam sehari, kok, kita tak terlalu produktif. Kadang memang banyak hal-hal yang menganggu sehingga produktivitas terganggu. Tapi tidak jarang, pengganggu tersebut justru kita sendiri yang menciptakan. Untuk menjaga produktivitas, coba hindari hal-hal berikut:

Multitasking yang Tidak Terencana
Kemampuan multitasking setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, apabila kamu merasa tidak terlalu mampu melakukan multitasking atau mungkin belum terbiasa multitasking, hal ini bisa membuat kamu bingung menentukan apa yang harus dikerjakan duluan, bagaimana pembagian waktu kerjanya, dan sebagainya. Sebaiknya buatlah daftar hal apa saja yang ingin kamu kerjakan berdasarkan prioritas. Tentunya hal ini akan lebih mudah dilaksanakan.

Memantau Media Sosial
Kehadiran teknologi telah banyak mengubah cara hidup masyrakat. Begitu juga yang kita rasakan ketika ada internet, smartphone dan media sosial. Tidak sedikit orang yang saat ini tidak ingin ketinggalan info dan gatel untuk update kegiatan mereka. Hal tersebut tentu akan menganggu jika rutin dilakukan di kantor dan pekerjaanmu jadi terbengkalai.
Tak hanya itu, riset dari Centre for Addiction and Mental Health (CAMH) di Kanada juga menunjukan, orang yang menggunakan media sosial lebih dari 2 jam/hari ternyata memiliki kesehatan mental yang buruk dibanding yang lainnya. Riset lanjutan dari CAMH menyebutkan bahwa kesehatan mental yang buruk akan menurunkan produktivitas pekerja hingga 33%.
Jadi coba kesampingkan sejenak media sosial demi produktivitas dan kesehatan mental kamu.

Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah
Keseimbangan dalam hidup mutlak dibutuhkan. Oleh karena itu, jangan biarkan waktu istirahat kamu di rumah atau waktu untuk menghibur diri/bersosialisasi justru digunakan untuk bekerja. 
Lebih baik kamu maksimalkan pekerjaan kamu dan manfaatkan jam kerja di kantor agar pekerjaan dapat segera diselesaikan.

Tidak Berpikir Positif
Kesehatan mental dan pikiran berkontribusi besar terhadap produktivitas kita semua. Tetapi tidak jarang  ada hal yang membuat kita murung atau bad mood, baik itu yang disebabkan atau bahkan kehidupan pribadi.
Yuk coba kesampingkan hal-hal tersebut dan hadir sebagai pribadi yang positif. Hadirkan sedikir senyuman untuk meningkatkan mood dan semangat kerja. Dengan begitu lingkungan sekitar kita juga akan ikut merasakan energi positif, sehingga tercipta suasana kerja yang menyenangkan.

(Artikel dikutip dari marketeers.com yang ditulis oleh Muhammad Perkasa Al Hafiz)

Other Articles