MPMulia Beri Edukasi Safety Riding Kepada Pengemudi Ojol dan Akademisi Universitas

MPMulia Beri Edukasi Safety Riding Kepada Pengemudi Ojol dan Akademisi Universitas

Untuk mewujudkan komitmen mendukung keselamatan berkendara bagi masyarakat, MPMulia atau biasa dikenal dengan MPM Honda Jatim terus gencarkan kampanye keselamatan berkendara dengan mengadakan berbagai kegiatan edukasi safety riding.

Pada bulan Juni 2021, terdapat dua kegiatan edukasi safety riding yang diadakan MPMulia. Kegiatan yang pertama yaitu edukasi safety riding untuk pengemudi ojek online Gojek, tepatnya pada 16 Juni 2021 di kantor Gojek yang berlokasi di Jl. Laksamana Martadinata, Malang. Kegiatan ini terlaksana berkat inisiatif dari MPMulia dan manajemen Gojek setempat sebagai bentuk dukungan dan komitmen untuk menerapkan keselamatan berkendara bagi para mitra pengemudi Gojek yang selama ini menjadi ujung tombak perusahaan.
Dalam kegiatan edukasi ini, para pengemudi ojek online diperkenalkan dengan berbaga faktor yang mampu mendukung keselamatan berkendara di jalan raya seperti persiapan berkendara, postur berkendara, teknik dasar berkendara, hingga edukasi prediksi bahaya dan cara memprediksi bahaya yang terlihat dan tidak terlihat selama di perjalanan termasuk bagaimana cara antisipasinya.

Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPMulia yang hadir pada saat untuk memberikan materi edukasi, menyampaikan “sehari-hari para pengemudi transportasi online ini menggunakan kendaraan roda dua dengan berkendara secara solo riding (sendirian) atau berboncengan dengan pengguna jasa mereka. Di saat-saat itulah bisa muncul risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Harapannya, pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi mereka untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas”. Sementara itu, Yonathan selaku Koordinator Gojek Malang menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan edukasi yang terselenggara. “Kami ingin meningkatkan kesadaran para mitra pengemudi, karena keselamatan berkendara sangatlah penting dan hal tersebut akan membuat pengemudi serta konsumen merasa aman,” jelasnya.

Kegiatan edukasi safety riding yang kedua diadakan di kota Gresik, pada 20 Juni 2021. Bekerja sama dengan Satlantas Polres Gresik, MPMulia menggelar edukasi safety riding kepada jajaran akademisi Universitas Muhammadiyah Gresik yang mayoritas adalah Wanita.

Dalam sesi edukasi disampaikan pentingnya kenyamanan berkendara di jalan raya dan diharuskan untuk memeriksa kendaraan sebelum digunakan seperti pemeriksaan perlengkapan berkendara, pengecekan tekanan ban, lampu, bahan bakar dan kelengkapan surat-surant kendaraaan. “Setelah itu, pengendara mtor bisa melakukan perjalanan di jalan raya dengan nyaman dan tenang”, jelas Hari Setiawan.

Kanit Dikyasa Iptu Sri Maryani sebagai perwakilan jajaran Satlantas Polres Gresik turut memberikan edukasi tambahan terkait keselamatan berlalu lintas, surat-surat kendaraan dan tata cara mendapat jaminan kecelakaan dari Jasa Raharja sebagai penyedia asuransi sosial yang memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat, khususnya pengguna angkutan umum dan pengguna jalan.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi safety riding ini. Sangat bermanfaat, sehigga para dosen dan pegawai bisa mendapatkan ilmu berkendara yang aman, nyaman, dan tenang di jalan raya,” jelas Drs. Hasan Basri selaku Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Gresik.
 

Other Article