Sejak awal pendiriannya, Perseroan telah memaknai praktik tanggung jawab sosial sebagai ‘jembatan’ untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Perseroan yakin bahwa kesetaraan antara masyarakat dan wilayah dimana perusahaan berada menjadi hal yang sangat penting. Oleh karenanya Perseroan berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi positif tidak hanya bagi internal perusahaan, tetapi juga mencakup masyarakat, lingkungan, dan menyasar seluruh pemangku kepentingan.

Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perseroan dijalankan dengan mengacu pada UUPT dan Peraturan Pemerintah No.47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Pendekatan kami kepada masyarakat meliputi empat pilar yaitu Pendidikan, Pemberdayaan ekonomi, Kesehatan, Keselamatan & Lingkungan, dan Philanthropy. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dilakukan di bawah pengawasan Komite GCG, untuk memastikan bahwa semua program TJSP berjalan dengan akuntabel, transparan, serta sejalan dengan visi dan misi Perseroan.

Pendanaan tanggung jawab sosial perusahaan diperhitungkan sebagai biaya dan dianggarkan dalam rencana kerja dan anggaran Perusahaan. Perhitungan dan penganggaran sebagaimana yang dimaksud, dilaksanakan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran yang ditentukan melalui mekanisme pengambilan keputusan Perusahaan.

Pendidikan

Perseroan sepenuhnya menyadari bahwa peningkatan kualitas hidup tidak dapat dipisahkan terkait dengan peningkatan pendidikan. Pendidikan adalah dasar dari pemberdayaan - tidak hanya untuk individu tetapi masyarakat dan ekonomi pada umumnya. Oleh karena itu, Perseroan sangat berkomitmen untuk selalu mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, antara lain melalui berbagai program dan kegiatan:

  • Sejak 2013 MPM telah memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi yang kurang mampu di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK), berkonsentrasi pada sektor otomotif.
  • Pelatihan kewirausahaan adalah salah satu program CSR Perseroan untuk mendukung tujuan SDG yang mencakup ekonomi berkelanjutan, pekerjaan yang produktif, serta pekerjaan yang layak untuk semua orang. Kegiatan utama dari program ini adalah mengubah pola pikir siswa menjadi individu yang unggul yang mampu memaksimalkan semua potensi mereka dan memotivasi mereka untuk menjadi wirausahawan untuk menciptakan peluang bagi diri mereka sendiri.
  • Kelas Motivasi, memberikan pengetahuan untuk meningkatkan kepercayaan diri, antusiasme terhadap masyarakat di Pusat Pelatihan Kerja (BLK & PPKD).

Fokus kami adalah pada pemberdayaan ekonomi dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di masyarakat yang mengelilingi operasi kami. Pertumbuhan ekonomi lokal yang menguntungkan pada gilirannya akan mempertahankan lingkungan yang positif untuk mendorong pertumbuhan bisnis di masa depan dan penciptaan mata pencaharian selanjutnya.

  • Life Skill Training Centre (LSTC)

Perseroan percaya bahwa kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat akan meningkatkan daya saing masyarakat, baik secara lokal maupun nasional. Ini termasuk bidang sumber daya manusia. Keunggulan kompetitif ini akan berkontribusi pada pembentukan kondisi yang kondusif untuk investasi. Pusat Pelatihan Kecakapan Hidup bertindak sebagai katalis untuk proses pengembangan masyarakat untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berbagai program seperti program 30 hari yang menyediakan pelatihan otomotif teknis (roda dua & empat roda) dan keterampilan berharga lainnya diadakan untuk melengkapi peserta dan untuk mempertahankan mata pencaharian masyarakat sambil menciptakan kapasitas ekstra yang dapat dimanfaatkan MPM dan ekosistemnya.

  • Edukasi Literasi Keuangan

Untuk secara aktif mendukung program pemerintah untuk meningkatkan literasi perencanaan keuangan dan untuk memperkenalkan produk dan layanan keuangan, MPMFinance dan MPMAsuransi secara rutin melakukan beberapa kegiatan pendidikan literasi keuangan kepada berbagai komunitas.

Sementara keberlanjutan perusahaan mengakui bahwa pertumbuhan & profitabilitas perusahaan itu penting, itu juga menuntut korporasi untuk mengejar tujuan sosial. Program dalam pilar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan mereka, serta pentingnya kebersihan, keselamatan, dan pelestarian. Perusahaan melakukan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan berkontribusi dalam pengembangan budaya, layanan kesehatan, dan lingkungan termasuk:

  • Revitalisasi Posyandu

Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan status gizi dan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini difokuskan pada peningkatan operasi Posyandu serta penguatan kapasitas kader dan manajemennya.

  • Edukasi Keselamatan Berkendara

MPMulia secara rutin mengadakan Edukasi Keselamatan Berkendara untuk meningkatkan kesadaran berkendara yang aman.

Berbagai program dan kegiatan dilaksanakan untuk mempromosikan pengelolaan lingkungan seperti program Bank Sampah di Bogor, untuk mengedukasi masyarakat tentang cara memilah sampah dan bagaimana mereka dapat menghasilkan uang dari sampah di Bank Sampah. Menanam gerakan pohon di Hutan Kota Manjul dan DAS Citarum Karawang, untuk merehabilitasi hutan kota yang terdeforestasi karena banyaknya kegiatan manusia, serta untuk mengendalikan banjir dari hulu.

Kepedulian Perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat dimanifestasikan dengan memberikan sumbangan bantuan untuk kebutuhan sosial dan kemanusiaan.