MPMX Implementasikan MPM Audit Performance System (MAPS)

MPMX Implementasikan MPM Audit Performance System (MAPS)

Dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, tim Internal Audit membutuhkan sebuah solusi atau tool berupa Audit Management System (AMS) yang mendukung kegiatan audit sistematis berbasis risiko yang mencakup kegiatan perencanaan, pemeriksaan, pelaporan dan pengawasan tindak lanjut berkala. Sebelumnya tim Internal Audit telah menggunakan solusi AMS yang dibeli dari pihak ketiga, namun kemudian diputuskan bahwa layanan dan dukungan solusi AMS tersebut tidak dilanjutkan.  Selanjutnya tim Internal Audit MPMX berkolaborasi lintas divisi diantaranya Divisi IT dan Risk Management serta tim Internal Audit di anak perusahaan (OPCOs) untuk mengembangkan AMS baru yang diberi nama MPM Audit Performance System yang disingkat menjadi MAPS.

Persiapan pengembangan aplikasi MPM Audit Performance System (MAPS) dilakukan sejak bulan Oktober 2021 dan kick off dilaksanakan pada 26 Januari 2022.  Pengembangan aplikasi MAPS dilakukan dalam 4 fase yang dimulai pada awal Februari 2022 dan selesai pada akhir April 2022. Setelah fase pengembangan selesai, dilakukan training untuk pengguna aplikasi MAPS pada 11 – 12 Mei 2022 di MPM HO Jakarta, training ini dilakukan secara hybrid – online dan juga offline yang dihadiri oleh seluruh tim Internal Audit MPMX.

Setelah dilaksanakannya training MAPS, diharapkan seluruh tim Internal Audit telah memahami cara penggunaan aplikasi MAPS serta siap menggunakannya pada setiap penugasan audit. Aplikasi MAPS ini direncanakan untuk live trial pada akhir bulan Mei 2022 dengan masa uji coba (live trial) selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya MAPS, seluruh penugasan internal audit dapat dilaksanakan sistematis dan terstandarisasi yang dimulai dari perencanaan, pemeriksaan, pelaporan, pengawasan tindak lanjut berkala dan optimasi audit berbasis risiko melalui integrasi aplikasi MAPS dengan sistem Enterprise Risk Management (ERM). Pengembangan MAPS tentu tidak berhenti sampai disini saja, terdapat banyak peluang untuk melakukan enhancement atau peningkatan pada aplikasi MAPS yang dapat memudahkan dan membantu internal audit dalam melaksanakan dan mendokumentasikan kegiatan internal audit.


[Artikel ini ditulis oleh Anton Irawan – Corporate Internal Audit MPMX]

 

Other Article