MPMX Jalin Kemitraan Strategis Dengan CARRO

MPMX Jalin Kemitraan Strategis Dengan CARRO

PT Mitra Pinastika Mustika Tbk (“MPMX”) secara resmi menjalin kemitraan strategis dengan Trusty Cars Pte Ltd atau CARRO – marketplace otomotif terbesar asal Singapura dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara – untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk online marketplace, pembiayaan, sewa kendaraan, layanan perbaikan, dan layanan purna jual.

Kemitraan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Perseroan untuk membawa pertumbuhan lebih lanjut dalam mengembangkan nilai (unlocking values) dari bisnis yang ada, serta berinvestasi dalam inovasi dan mempercepat transformasi digital Perseroan. CARRO menghadirkan ekosistem online yang terintegrasi penuh dari pasar mobil hingga pembiayaan, Big Data, dan AI, akses pada database kendaraan yang berkembang pesat, dan teknologi computer vision dan algoritma harga. Hasilnya, MPMRent dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar persewaan mobil terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan akses ke jaringan bengkel yang berkembang pesat, lokasi persewaan dan pelelangan nasional yang strategis, basis pelanggan yang menguntungkan dan beragam, serta kemampuan operasional yang kuat.

Kemitraan ini juga akan memperkuat nilai bagi pelanggan dan diler, dimana kedua perusahaan membangun komitmen terhadap strategi dan melanjutkan transformasi untuk menghadirkan platform yang relevan secara global dalam memberikan produk dan layanan generasi mendatang di pasar otomotif. Termasuk di dalamnya memberikan akses ke lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang tersedia dalam inventaris selama masa sewa dan paska sewa; praktik manajemen dan kontrol kualitas yang lebih baik, dan meneruskan digitalisasi layanan MPMRent untuk memastikan customer journey yang mulus dan mudah bagi pelanggan B2B.

Adapun kemitraan ini diresmikan melalui seremonial penandatanganan perjanjian jual beli, yang diadakan pada 31 Mei 2022, dimana CARRO menginvestasikan dana sebesar USD 53,8 juta (setara Rp783,8 miliar) dan menjadi pemegang saham di PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) dengan kepemilikan sebesar 50% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Menanggapi kemitraan ini, Bapak Suwito Mawarwati selaku Group CEO MPMX menyampaikan, “Kami bersyukur dalam mengumumkan penandatanganan perjanjian antara Perseroan dengan CARRO. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan peran aktif dari pemegang saham induk kami yaitu PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam mewujudkan kemitraan ini. Perseroan dan Saratoga percaya bahwa CARRO merupakan mitra yang sangat baik yang akan mampu meningkatkan nilai strategis bisnis Perseroan melalui rekam jejak kesuksesan serta pengalaman operasionalnya yang luas di ekosistem otomotif online yang terintegrasi. Ini merupakan babak baru yang penting dan menarik bagi MPMRent dimana kemitraan ini akan menciptakan ekosistem otomotif online dan offline (O2O) terintegrasi yang unik di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan lengkap bagi konsumen kami mulai dari marketplace, rental, pembiayaan hingga asuransi yang melayani pasar B2B dan B2C”.

Selamat kepada MPMRent yang telah menjadi bagian dari perusahaan Global. Semoga babak baru ini juga membawa semangat baru untuk seluruh karyawan Grup MPM.

 

Other Article